Friday, December 30, 2016

Piala AFF, Stadion Pakansari & Tangerang

Gelaran Piala AFF 2016 baru saja usai dimana Tim Nasional Thailand keluar sebagai juara setelah mengandaskan perlawanan Tim Nasional Indonesia di partai puncak dengan agregat 3-2. Kemenangan atas Indonesia di partai puncak sekaligus menegaskan dominasi Tim Gajah Putih sebagai raja sepakbola di Asia Tenggara dengan torehan lima gelar dalam kancah Piala AFF. Terlepas dari kemenangan Thailand di partai puncak tentu kita tak boleh lupakan juga bagaimana perjuangan skuad garuda hingga mencapai babak final yang sebetulnya jauh melebihi ekspektasi banyak kalangan mengingat persiapan yang dilakoni oleh skuad garuda yang serba terbatas.

Final kelima bagi Indonesia di kancah Piala AFF tahun ini mungkin terlihat sedikit berbeda terutama penggunaan stadion pada laga final kali ini. Semenjak diperkenalkannya format home and away pada laga final Piala AFF, Indonesia telah dua kali masuk final kejuaraan sepakbola terbesar di Asia Tenggara ini dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) selalu menjadi pilihan utama. Namun pada laga final tahun ini stadion yang digunakan untuk kandang oleh Tim Nasional Indonesia pada saat melawan Tim Nasional Thailand ialah Stadion Pakansari di Cibinong Kabupaten Bogor, hal ini mengingat SUGBK sedang mengalami proses renovasi dalam persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Pemilihan Stadion ini tentunya menjadi kejutan tersendiri bagi banyak kalangan karena masih banyak stadion lain yang juga memiliki kualitas yang lebih baik. Namun apapun itu Stadion Pakansari telah membuat sejarahnya sendiri sebagai stadion yang pernah menggelar laga final sepakbola terbesar di Asia Tenggara selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Laga final yang dilaksanakan di Stadion Pakansari sebetulnya membuat saya sedikit iri karena Bogor sebagai tempat dimana Stadion Pakansari berada mampu menyelenggarakan pertandingan sekelas Piala AFF 2016. Sebagai warga Tangerang saya pun sedikit berandai-andai jika laga final tersebut dilaksanakan di kota ini namun apalah daya stadion di Tangerang jauh dari kata layak untuk menyelenggarakan pertandingan sekelas Piala AFF bahkan satu-satunya stadion di Tangerang yaitu Stadion Benteng kondisinya sangat memprihatinkan.

Pemerintah kabupaten Tangerang sebenarnya sedang membuat stadion di daerah Pagedangan yang nantinya akan digunakan sebagai kandang klub Persita Tangerang namun pengerjaan stadion tersebut hingga saat ini belum juga rampung. Padahal jika stadion ini telah rampung tentunya tidak akan kalah dengan stadion megah lainnya di Indonesia bahkan laga final Piala AFF yang kemarin dilaksanakan di Stadion Pakansari bisa saja dilaksanakan di Stadion ini mengingat lokasinya yang tidak jauh dari tempat latihan Tim Nasional di daerah Karawaci dan tidak jauh pula dari Bandara Sukarno-hatta. Semoga laga final Piala AFF yang dilaksanakan di Stadion Pakansari menjadi pelecut bagi setiap daerah di Indonesia untuk membuat stadion yang bertaraf internasional dan saya berharap Tim Nasional Indonesia pada tahun 2018 nanti kembali masuk final dalam Piala AFF dan laga final dapat diilaksanakan di Tangerang. Semoga...

1 comment:

  1. Result Togel hari ini


    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    ReplyDelete

Para Perwira alumni Akmil & Akpol yang gugur di Poso

Wilayah Poso hingga saat ini masih menjadi daerah operasi yang dilakukan oleh Pasukan TNI/POLRI dalam mengejar sisa pengikut dari gerakan M...