Wednesday, May 16, 2018

Monumen Seroja-Cilangkap



Timor-Timur memang sudah lama berpisah dari Indonesia walaupun sekarang sudah menjadi sebuah Negara berdaulat dengan nama Timor Leste, namun sisa-sisa kenangan masa lalu tentang wilayah ini tidak akan pernah terlupakan begitu saja. Banyak kejadian dan peristiwa yang terekam selama hampir 24 tahun wilayah ini menjadi bagian dari Provinsi ke-27 Republik Indonesia. Kenangan yang paling membekas tentunya dirasakan oleh para veteran Seroja yang pernah berjuang di Timor-Timur. Perjuangan mereka seolah-olah sia-sia karena wilayah yang dahulu mereka perjuangkan dengan keringat dan darah harus berpisah begitu saja karena masalah politik. Tidak sedikit dari mereka yang terluka dan cacat bahkan gugur dalam tugas mulia menjaga kedaulatan Indonesia di wilayah tersebut.

Monumen Seroja tampak dari depan
Kini setelah Timor-Timur berpisah dari wilayah Republik Indonesia, pemerintah membangun sebuah monumen yang ditujukan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam tugas di Timor-Timur serta bagi mereka para veteran Seroja yang masih tersisa hingga saat ini. Monumen yang dibangun pada tahun 2001 pada masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarnoputri ini dinamakan Monumen Seroja yang berlokasi di area Mabes TNI Cilangkap-Jakarta. 
Nama pejuang Seoja yang gugur pada tahun 1975
Monumen Seroja dibangun di atas areal tanah seluas 126×92,5m2 dan berbentuk setengah lingkaran yang terdiri dari dua buah bangunan perenungan, yakni Perenungan Awal dan Perenungan Akhir, masing-masing berukuran 6x6m2. Panel berbentuk bendera sejumlah 23 buah, yang berisi diorama perjuangan masa intergrasi dari tahun 1975-1999. Sedangkan di bagian bawah diorama berisi nama-nama prajurit ABRI beserta pendukungnya yang gugur dari tahun 1975-1999. Terdapat pula kolam Seroja berupa sebuah kolam air mancur yang berbentuk kelopak bunga seroja yang ditengah-tengahnya terdapat tugu. 
Pernyataan Presiden Suharto terhadap Integrasi Timor-Timur (Terdapat di bagian perenungan awal)
Untuk berkunjung ke monumen ini tidaklah sulit karena letaknya yang berada di sekitar pintu utama Mabes TNI. Tidak jauh dari lokasi Monumen Seroja terdapat juga Monumen Trikora dan Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI serta Monumen Dwikora. 
Diorama dan nama pejuang Seroja yang gugur


Maket Monumen Seroja

No comments:

Post a Comment

Bangunan Peninggalan Belanda di Tangerang

Penjajahan Belanda di Indonesia yang telah berlangsung hingga ratusan tahun lamanya tentu meninggalkan bukti-bukti sejarah yang tidak se...