Friday, March 22, 2019

Alumni Sepa Pk yang menjadi Komandan Kodim (Dandim)


Menjadi seorang prajurit bagi sebagian besar kalangan terutama generasi muda merupakan suatu kebanggaan karena dari sinilah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Khusus Perwira, untuk menjadi calon pemimpin di lingkungan TNI tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan di lembaga akademi milik TNI seperti Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara dan Akademi Angkatan Laut. Namun untuk menjadi seorang Perwira TNI ternyata bisa juga dilakukan melalui jalur lain yaitu melalui jalur Perwira Prajurit Karir/Pa Pk TNI yang dahulu dikenal dengan sebutan Wamil dan juga Pa PSDP. Pa Pk merupakan Perwira TNI yang diambil dari lulusan Perguruan Tinggi yang umumnya direkrut sesuai dengan kebutuhan di masing-masing matra TNI seperti dalam bidang Kesehatan, Hukum dan lain sebagainya. Meskipun tugas yang akan dilaksanakan berkaitan dengan tugas non tempur tetapi tidak sedikit pula alumni Pa Pk yang bertugas di satuan tempur bahkan menjadi pemimpin di satuan tempur yang ada. Khusus di lingkungan TNI AD terdapat pula alumni Pa Pk yang memegang posisi penting seperti diantaranya ialah Komandan Kodim. 
 


Berikut ini beberapa alumni Pa Pk dan Pa PSDP yang pernah dan masih bertugas sebagai Komandan Kodim di berbagai wilayah:

1. Letkol Czi. (K) Hidayati, S.T.
Perwira menengah wanita ini merupakan abituren Sekolah Perwira Prajurit Karier 98 (SePa PK 98) dan merupakan lulusan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Pada tahun 2017, Wanita yang kini bertugas sebagai Pabandya Wan TNI ini menjadi wanita pertama yang bertugas sebagai Komandan Kodim di lingkungan TNI-AD tepatnya di Kodim 0608/Cianjur.

2. Letkol Inf. Yudi Gumilar, S.Pd.
Perwira satu ini merupakan abituren Sekolah Perwira Prajurit Karier 97 (SePa PK 97) dan lulusan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Pria yang lulus dari kampus keguruan ini pernah menempati beberapa posisi penting selama bertugas di lingkungan TNI diantaranya ia pernah menjadi Komandan Batalyon Infanteri RK 744/SYB bahkan pernah pula ditugaskan sebagai Komandan Pasukan Garuda di Lebanon. Selain itu ia pernah pula bertugas sebagai Wakil Asisten Operasi Kasdam IX/Udayana dan pada tahun 2016 pernah bertugas sebagai Komandan Kodim Timor Tengah Utara. Kini ia bertugas sebagai Kabagdik Pusdikif Pussenif Kodiklatad.

3. Letkol Inf. Kadir Tangdiesak, S.Ag.
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karier 98 (SePa PK 98) dan pada tahun 2018 ia bertugas sebagai Komandan Kodim pertama Pasangkayu, Sulawesi Barat.

4. Letkol Inf. Drs. Heriyadi
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Wajib Militer 93 (SePa Wamil 93) dan lulusan Uniyersitas Hasanuddin (Unhas), Makassar. Pada tahun 2012 pria yang kini bertugas sebagai Wakapendam V/Brawijaya ini sempat bertugas sebagai Komandan Kodim Kediri.

5. Letkol Cpn. Fajar Lutvi Haris Wijaya, S.E.
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Penerbang (SePa PSDP 2000) sebelumnya ia pernah bertugas sebagai Wakil Komandan Skuadron-21/Sena Puspenerbad dan kini di tahun 2018 ia bertugas sebagai Komandan Kodim Kendari.

6. Letkol Kav. drh. Oni Aprianur
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Wajib Militer 91 (SePa Wamil 91) dan lulusan Institut Pertanian Bogor. Pada tahun 2013 pria yang kini sudah menjadi Purnawirawan tersebut sempat bertugas di tanah kelahirannya sebagai Komandan Kodim Tanjung Selor.
 
7. Letkol Inf Drs. Sumarwanto
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Wajib Militer 80 (SePa Wamil 80) yang pernah bertugas sebagai Komandan Kodim 0310/SSD dan pada tahun 2013 perwira menengah ini telah memasuki masa purna tugas di Kodklat.
 
8. Letkol Inf. Jamot Parluhutan, S.Sos
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 99) sebelumnya ia pernah bertugas sebagai Kabagjianbang Rindam XII/Tanjung Pura dan kini di tahun 2018 ia bertugas sebagai Komandan Kodim Sidrap.

9. Letkol Inf. Dodit Susanto, A.Md
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 2000) sebelumnya ia pernah bertugas sebagai Kabagjianbang Rindam XII/Tanjung Pura dan kini di tahun 2018 ia bertugas sebagai Komandan Kodim Kulon Progo.

10. Letkol Czi. Eddy Oswaronto, ST
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 99) sebelumnya ia pernah bertugas sebagai Komandan Kompi Zeni Nubika dan kini di tahun 2018 ia bertugas sebagai Komandan Kodim Sumbawa Barat.

11. Kolonel Inf. Drs Alamsyah
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Wajib Militer (SePa Wamil 91) sebelumnya pria yang kini bertugas sebagai Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VII/Wirabuana pada tahun 2010 pernah bertugas sebagai Komandan Kodim Kolaka dan kini ia alumni Universitas Hasanudin ini bertugas sebagai Komandan Kodim Kendari.

12. Letkol Inf. Supyan Munawar
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 2001) sebelumnya pria yang pernah bertugas di satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pada tahun 2019 ini ditugaskan sebagai Komandan Kodim Alor.

13. Letkol Arh. Alfian Amran, ST
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 1999) sebelumnya  pernah bertugas sebagai Dandeninteldam II/SWJ pada tahun 2017 ini ditugaskan sebagai Komandan Kodim 0430/Banyuasin.

14. Letkol Czi. M. Ridha Has, ST
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 2000) yang kini bertugas sebagai Kepala Staf Korem 011/Lilawangsa. Alumni Fakultas Teknik Unsyiah ini sebelumnya pernah bertugas sebagai Komandan Kodim 0110/Aceh Barat Daya.
 
15. Letkol Inf. Gambuh Sri Karyanto
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 1998) yang kini bertugas sebagai Wakil Kepala Penerangan Kodam II Sriwijaya setelah sebelumnya bertugas sebagai Komandan Kodim 0417/Kerinci dan pernah pula menjabat sebagai Komandan Batalyon 144/JY.
 
16. Letkol Arh. M. Imran, S.Pd.
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 1997) yang kini bertugas sebagai Kepala Staf Korem 142/Tatag. Sebelumnya  alumni FKIP Universitas Taddulako ini pernah bertugas sebagai Komandan Batalyon Arhanud 16 dan pada tahun 2015 bertugas sebagai Komandan Kodim 1418/Mamuju.

17. Letkol Czi. David Nainggolan, S.T.
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 2001) yang kini bertugas sebagai Komandan Kodim 0615/Kuningan. Sebelumnya  ia bertugas sebagai Komandan Detasemen Zeni Bangunan 1 Kodam III/Siliwangi.

18. Letkol Inf. Christian Irreuw
Perwira asli Papua ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 1997) yang kini bertugas sebagai Komandan Kodim 1715/Yahukimo.
 
19. Letkol Kav. Widi Widayat, S.T.
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 2001) yang kini bertugas sebagai Komandan Kodim 0822/Bondowoso. Sebelumnya  ia  bertugas sebagai Pabandyarenops Sopsdam III/Siliwangi Jawa Barat dan pernah pula bertugas sebagai Kasdim 0108/Aceh Tenggara.

20. Letkol Arm. Muhamad Faozan, S.Pd.
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 2001) yang kini bertugas sebagai Komandan Kodim 1413/Buton. Sebelumnya  ia  bertugas sebagai Dandeninteldam XlV/Hasanudin.
 
21. Letkol Arh. Suhardi, S.T.
Perwira satu ini merupakan alumni Sekolah Perwira Prajurit Karir (SePa Pk 2003) yang kini bertugas sebagai Komandan Kodim 1605/Belu. Sebelumnya  ia  bertugas di Dinas Informasi dan Pengolahan Data TNI AD.
 
Itulah beberapa perwira lulusan Prajurit Karir yang pernah dan masih menjabat sebagai komandan Kodim di berbagai wilayah di Indonesia.

(Penulis M. Alfian Nugraha Fauzi)








20 comments:

  1. Mantab min, alhamdulillah bbrp letting saya Sepa PK 99 menjadi Dandim

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap.. semoga tetap setia mengabdi untuk NKRI, kalau boleh tau skrg bertugas dimana pak?

      Delete
  2. lulusan s1 pertanian apa bisa diterima di SEPA PK TNI bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, kayanya susah ga sih gan? Soalnya, jurusan kita memang ga "dibutuhkan" secara spesifik.

      Delete
    2. untuk saat ini jurusan pertanian memang blm ada yg dibuka..

      Delete
  3. Letkol Inf Sumarwanto SM.
    Sepa Wamil 1980 gel.1
    Dua kali menjabat menjadi komandan Kodim,
    Dandim 0307/TD 1999 sd 2000.
    Dandim 0310/SS 2000 sd 2003.
    Mengakhiri dinas di Kodiklat AD, Tahun 2013.

    ReplyDelete
  4. Izin bertanya bang, jika di fomasi yang dibutuhlan itu jurusan bahasa
    Apakah itu bisa pendidikan dan murni atau murni saja ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jurusan bahasa umumnya yg murni tp bisa saja ditanyakan kepada panitia di kodam masing2 daerah apakah bisa atau tidak krna yg menentukkan panitia di tiap Panda kak

      Delete
  5. mungkin jarang ya lulusan papk yang masuk infanteri

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga kak bahkan ada pula yang menjadi komandan batalyon infanteri dari pa pk

      Delete
  6. Letkol INF Indra Padang, S. Sos, MI. Pol, alumni Semapa PK TNI 2000, menjabat Dandim 0414 Belitung DAM Sriwijaya 2018 - 2020

    ReplyDelete
  7. Keppres RI No. 69/TNI/2022 ttg kenaikan pangkat pilihan ; Dari SEPA PK 2000 ;
    195. Y. Nugroho Raharjo, S.Psi/ CAJ/ NRP 11000010880673/ KOLONEL
    196. Namr Djalil, S.Psi, M.Tr (Han)/ CAJ/ NRP 11000013930274/ KOLONEL
    197. Indra Padang, S.Sos, M.I.Pol/ INF/ NRP 11000010880673/ KOLONEL
    198. Mohammad Zulnalendra Utama/ INF/ NRP 11000028391274/ KOLONEL






    ReplyDelete
  8. malam, apakah dari pa pk tni bisa masuk korps polisi militer? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bisa kak bahkan teman seangkatan sy saat casis PK TNI 2014 skrg masuk Korps Polisi Militer dan bertugas di Batalyon Polisi Militer Angkatan Darat

      Delete
    3. baik terimakasih pak, kebetulan sedang menempuh kuliah hukum dan memiliki cita-cita untuk menjadi seorang prajurit.

      Delete
  9. Kalau nama nama alumni Sepa PK ada kah min?2005 atau 2006 sampe skrang nama nama angkatan nya

    ReplyDelete

Para Perwira alumni Akmil & Akpol yang gugur di Poso

Wilayah Poso hingga saat ini masih menjadi daerah operasi yang dilakukan oleh Pasukan TNI/POLRI dalam mengejar sisa pengikut dari gerakan M...