Thursday, November 29, 2018

Taman Makam Pahlawan Taruna-Tangerang

Tugu di TMP Taruna
Tangerang dengan perkembangannya saat ini yang pesat ternyata memiliki tempat-tempat yang bernilai historis tinggi salah satunya ialah Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna Tangerang yang terletak di pusat kota Tangerang. TMP Taruna sendiri merupakan salah satu TMP yang terletak di wilayah Tangerang, selain TMP Bahagia, Pondok Aren dan TMP Seribu, Serpong. Ada pula makam pahlawan yang terletak di Desa Tanah Merah Kec. Sepatan Timur yang berjumlah 3 makam yang kondisinya saat ini kurang begitu terawat. 

Makam Daan Mogot


Letaknya yang berada di pinggir jalan Daan Mogot dan tidak jauh dari Masjid Raya Al-Azhom Tangerang menjadikan TMP ini mudah terlihat oleh banyak orang. TMP Taruna merupakan tempat persemayaman bagi para Taruna dari Akademi Militer Tangerang/Militaire Academie Tangerang yang gugur dalam Peristiwa Lengkong pada tanggal 25 Januari 1946 di daerah Serpong Tangerang Selatan. Mereka yang dimakamkan di tempat tersebut diantaranya yaitu Taruna Syauket Salim, anak dari Haji Agus Salim dan Mayor Daan Mogot beserta dua perwira yaitu Letnan Satu Soebianto Djojohadikusumo dan  Letnan Satu Sotopo. Taruna Soejono Djojohadikusumo dan Letnan Satu Soebianto Djojohadikusumo merupakan anak dari pendiri bank BNI Margono Djojohadikusumo. Tanggal peristiwa tersebut sekarang selalu diperingati sebagai hari Bhakti Taruna.


Deretan makam-makam di TMP Taruna
Ada sekitar 36 makam yang terdapat di TMP Taruna dimana terdapat sebuah tugu yang memuat nama-nama Taruna dan Periwira yang gugur dalam Peristiwa Lengkong. Selain itu terdapat pula sebuah bangunan yang berfungsi sebagai kantor LVRI Kota Tangerang. Kondisi TMP Taruna relatif terawat bahkan disaat-saat tertentu selalu digunakan oleh siswa untuk latihan baris-berbaris. 
Nama para pahlawan yang gugur


No comments:

Post a Comment

Bangunan Peninggalan Belanda di Tangerang

Penjajahan Belanda di Indonesia yang telah berlangsung hingga ratusan tahun lamanya tentu meninggalkan bukti-bukti sejarah yang tidak se...